Kamis, 24 Agustus 2017

West Borneo Kalimantan

   Pulau Kalimantan ini merupakan sebuah pulau di Indonesia yang belum banyak dijelajahi oleh wisatawan-wisatawan dariluar negeri maupun dalam negeri, tetapi pulau Kalimantan ini yang biasa di sebut dengan nama "West Borneo" memiliki banyak keunikan didalamnya dan juga pulau Kalimantan ini mempunyai warisan-warisan budaya yang masih dipegang mayoritas rakyat di pulau Kalimantan ini. Pulau Kalimantan terkenal dengan hutan tropis serta memiliki sumber daya alam yang terbanyak di Indonesia. Dan juga pulau Kalimantan mempunyai jenis flora dan fauna yang beraneka ragam.

Pada awalnya, pulau ini dihuni oleh orang-orang Dayak sebagai suku asli Kalimantan. Biasanya mereka tinggal di dalam hutan dan hidup secara atau sesuai dengan adat mereka dan sampai sekarang pun masih ada suku dayak yang masih tinggal di dalam hutan. Namun saat ini dan dengan mengikuti zaman,orang dayak pun mulai bergaul dengan suku-suku diperkotaan Kalimantan misalnya,suku Tionghua,Ambon,Bugis,Jawa,dan Batak. Masyarakat Dayak tinggal di rumah panjang yang disebut Lamin. Biasanya sebuah rumah dihuni oleh 50 orang atau lebih. Ada banyak suku Dayak serta sub suku yang tercatat di pulau Kalimantan ini. Nah ...unik kan dan juga beraneka ragam suku-suku di Kalimantan ini.

Selain dari suku dan keanekargaman yang lain pulau Kalimantan juga terkenal sebagai pulau yang memiliki sungai terpanjang di Indonesia yang mengalirndari hulu ke hilir yaitu "Sungai Kapuas" dan sampai-sampai ada seorang pencipta lagu yanf menciptakan lagu sungai kapuas ini yang bernama Alm.Paul Putra Frederick. Dan lagu ini sangat terkenal dan enak untuk dimainkan..teman-teman bisa kok menyanyikan nya dijamin ketagihan haha.. oke kita balik ke topik.

Nah... Kalimantan terbagi menjadi 4 provinsi yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan juga Kalimantan Barat. Masing masing provinsi memiliki ciri khas, bahasa, SDA, budaya, dan keunikannya sendiri-sendiri.

Dan juga Kalimantan mempunyai beberapa cagar alam yang digunakan sebagai tempat melestarikan flora dan fauna yang hampir punah atau bisa dikatakan unik,ditempat ini lah flora dan fauna yang hampir punah di lestarikan. Ada beberapa lokasi cagar alam yaitu :
•Cagar Alam Laut KEPULAUAN KARIMATA; Ketapang, Kalimantan Barat
•Cagar Alam Kersik luway berlokasi di Sungai Mahakam,dll

Selain terdapat cagar alam,ada juga tempat-tempat di pulau Kalimantan yang bisa dikunjungi untuk hiking salah satunya yaitu Bukit Jamur,di Bengkayang Kalimantan Barat

Lanjut....
Kalimantan yang terkenal sebagai salah satu pulau terluas di Indonesia ini memiliki beberapa kota terkenal yang menjadi kota kota utama di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan,Kota Samarinda,Kota Pontianak,Kota Banjarmasin,Kota Palangkaraya,dll

Jika di beberapa kota terdapat icon maka begitu juga di Kalimantan yaitu Tugu Khatulistiwa di Kalimantan Barat yang berlokasi di kota Pontianak.

Bahasa yang digunakan di Kalimantan rata rata adalah bahasa Indonesia. Tetapi di beberapa daerah seperti di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan masyarakat di sana menggunakan bahasa banjar sebagai bahasa sehari hari. Sedangkan Kalimantan Barat, maka masyarakat di sana lebih banyak menggunakan bahasa melayu. Begitu juga dengan Kalimantan Tengah. Mereka memiliki bahasa sendiri yang berbeda dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Okey .. demikian blog ke8 saya tentanf pulau Kalimantan.
Semoga teman-teman yang membacanya tertarik dan ingin berkunjung ke pulau Kalimantan. Dijami seru dan ketagihan,apalagi Pontianak.
Bye .... see u again guys.

19 komentar:

  1. Nanti kalo i ke pomti u ajak keliling2 ya kyk bgs bgt hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap diraaa syang😘😘😘
      Tiket nyar sndirii yakkk

      Hapus
  2. Apaan sh van wkwkw cwo nya ga pekaa woee
    Wkwkwkwkwkwk
    Kidding wkwk :)

    BalasHapus
  3. Kuy lah jalan ke Ponti bareng wkwkwk

    BalasHapus
  4. Anak Ponti nyasar ke Jakarta
    Balik sono ke Ponti ! 😏

    BalasHapus
  5. OTW Ponti bareng you clar, ga jadi pulkam wa

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Gw cewee bom2...
      Bukan cwo ....
      Yg bener gw jgn lupa cri cwo biar ga ngenes bgt wkwkwk

      Hapus
  7. Yogs..wkwkwk
    Beki tiket ye padeee..
    Desember kita goes to ponti wkwkwkwkw

    BalasHapus
  8. kangen kampung halaman nih kyaknya wkwk

    BalasHapus
  9. Wah, postingan yang cukup informatif, saya suka, saya suka

    BalasHapus
  10. Jadi kangen ponti;( balik bareng kuy clar
    Btw udah bagus tuh clar πŸ‘ tapi ada yg typo tuh wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk jes wkwkwk...
      Okey2 thanks ya uda di koreksi :)

      Hapus
  11. jadi rindu kampung halaman :') thankyou clar skrng gua kangen dan pengen balik ke ponti :(

    BalasHapus

Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki !

Hai Guys... Come back to my blog... Dan kali ini aku bakal nulis sesuatu dan tulisan ini untuk dia. Kalian tau? Judul diatas untu...